Sunday, 17 April 2016

Makalah Kelebihan dan Kekurangan Learning Management System Situs Kelaskita, Schoology, Google Scholarship dan Microsoft Scholarship


disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Kewirausahaan

Dosen Pengampu : Budi Laksono Putro, S.Si., M.T.





Oleh

Fikry Al Farisi Muslim
1401456
Ilmu Komputer
M Eagan Ramadhan
1403101
Ilmu Komputer
Muhammad Ridwan
1403407
Ilmu Komputer





DEPARTEMEN PENDIDIKAN ILMU  KOMPUTER
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

2016




KATA PENGANTAR


Alhamdulillah hirabbilalamin, Puji syukur kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya
Tidak lupa shalawat serta salam untuk junjunan kita Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.
Makalah ini ditulis untuk memenuhi salah satu Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan dengan judul “//write ur title here”
Tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak – pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini, khususnya kepada:
1.    Bapak Budi Laksono Putro, S.Si, M.T Selaku Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan, yang telah meluangkan waktu, pengarahan, dan dorongan dalam penyelesaian makalah ini;
2.    Orang tua dan keluarga penlis yang telah memberikan dukungan , bantuan, dan pengertian kepada penulis dalam menyelesaikan makalah ini;
3.    Teman - teman semua yang tidak bisa disebutkan satu - persatu, yang telah ikut serta mendukung dalam penyelesaian makalah ini
4.    Semua pihak yang tidak tapat disebutkan satu – persatu, yang telah memberikan bantuan dalam penulisan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT dan kekurangan ada pada diri penulis, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan makalah ini.

Bandung, Februari 2016
                                                                                                 

                                                                                   Penulis






BAB I

PENDAHULUAN

2.1              Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi yang sangat kompleks dalam beberapa tahun terakhir telah membawa berbagai dampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk di dalam bidang pendidikan. Perkembangan teknologi dalam bidan pendidikan mulai bermunculan dari tahun ke tahun, salah satunya yaitu teknologi LMS atau Learning Management System.
Learning management system ini berisi materi-materi dalam kompetensi pedagogik dan profesional, yang dibuat dengan kemasan multimedia (teks, animasi, video, audio, FX). Diberikan sebagai supplement dan enrichment bagi pengembangan kompetensi pembelajar. Dalam learning management system ini kita dapat mendukung dan memfasilitasi program pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik dan menawarkan kemudahan dalam penggunaannya.

2.2              Pembatasan Masalah

Dalam karya tulis ini penulis akan berusaha membahas beberapa website berbasis teknologi LMS. Dikarenakan luasnya cakupan mengenai website berbasis LMS. Maka dirasa perlu dibuatnya pembatasann masalah. Secara garis besar pembahasan yang akan diuraikan sebagai berikut:
1.    Penjelasan singkat beberapa website berbasis LMS.
2.    Fitur-fitur yang dimiliki beberapa beberapa website berbasis LMS.
3.    Beberapa kelemahan yang dimiliki beberapa website berbasis LMS.
4.    Beberapa website yang akan dibahas meliputi website kelaskita.com, Schoology.com, Microsoft Scholarship, dan Google Scholarship.

2.3              Tujuan Penulisan

1.  Mengetahui Manfaat Teknologi LMS.
2.  Mengetahui berbagai website berbasis LMS.
3.  Mengetahui apa saja fitur-fitur website yang berbasis LMS.
4.  Mengetahui keunggulan dan kelemahan beberapa website yang berbasis LMS.
5.  Memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kewirausahaan Pada Semester genap tahun pelajaran 2016.

2.4              Metode Penulisan

Dalam membuat karya ilmiah ini, penulis mengunakan metode studi pustaka. Penulis mempelajari beberapa website, buku – buku, dan referensi lain yang sesuai dengan permasalahan yang penulis bahas dalam karya ilmiah ini.

2.5              Sistematika Penulisan

BAB I               : Mengenai latar belakang masalah, pembatasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB II              : Membahas tentang penjelasan, fitur-fitur, keunggulan, dan kelemahan masing – masing website yang sudah dijelaskan sebelumnya.
BAB III             : Berisi simpulan dan saran












 

BAB 2

ISI

2.1              Learning System Management (LMS)

Learning Management System (biasa disingkat LMS) adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan ‘’online’’, program pembelajaran elektronik (e-learning program), dan isi pelatihan. Sebuah LMS yang kuat harus bisa melakukan hal berikut:
·         menggunakan layanan ‘’self-service’’ dan ‘’self-guided’’
·         mengumpulkan dan menyampaikan konten pembelajaran dengan cepat
·         mengkonsolidasikan inisiatif pelatihan pada platform berbasis ‘’web scalable’’
·         mendukung portabilitas dan standar
·         personalisasi isi dan memungkinkan penggunaan kembali pengetahuan.
LMS merupakan sistem untuk mengelola catatan pelatihan dan pendidikan, perangkat lunaknya untuk mendistribusikan program melalui internet dengan fitur untuk kolaborasi secara ‘’online’’. Dalam pelatihan korporasi, LMS biasanya digunakan untuk mengotomatisasi pencatatan dan pendaftaran karyawan. Dimensi untuk belajar sistem manajemen meliputi ‘’Students self-service’’ (misalnya, registrasi mandiri yang dipimpin instruktur pelatihan), pelatihan alur kerja (misalnya, pemberitahuan pengguna, persetujuan manajer, daftar tunggu manajemen), penyediaan pembelajaran ‘’online’’ (misalnya, pelatihan berbasis komputer, membaca & memahami), penilaian ‘’online’’, manajemen pendidikan profesional berkelanjutan (CPE), pembelajaran kolaboratif (misalnya, berbagi aplikasi, diskusi), dan pelatihan manajemen sumber daya (misalnya, instruktur, fasilitas, peralatan). LMS juga digunakan oleh regulasi industri (misalnya jasa keuangan dan biopharma) untuk pelatihan kepatuhan. Mereka juga digunakan oleh institusi pendidikan untuk meningkatkan dan mendukung program pengajaran di kelas dan menawarkan kursus untuk populasi yang lebih besar yaitu seluruh dunia. Beberapa penyedia LMS termasuk "sistem manajemen kinerja" meliputi penilaian karyawan, manajemen kompetensi, analisis keterampilan, perencanaan suksesi, dan penilaian ‘’multi-rater’’ (misalnya, review 360 derajat). Teknik modern sekarang menggunakan pembelajaran berbasis kompetensi untuk menemukan kesenjangan belajar dan panduan materi seleksi pelatihan.



2.2              Situs KelasKita

KelasKita adalah media sosial untuk memudahkan Anda membuat dan mengikuti kelas belajar secara online. Seperti halnya situs media sosial pada umumnya, KelasKita menghadirkan fitur mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya agar dapat membuat kelas belajar untuk para peserta didik bersama teman-teman, tim, maupun komunitas Anda. Selain itu tentunya Anda juga dapat mengikuti kelas belajar yang tersedia di KelasKita.
Fitur selayaknya media sosial memang menjadi faktor kunci yang kuat dari perkembangan KelasKita sendiri. Pengguna nantinya diharapkan dapat menggunakan situs ini dengan mudah dan dapat menikmati fitur-fiturnya yang kaya untuk memfasilitasi setiap pengguna yang ingin berbagi pengetahuan kepada pengguna lainnya.
Hingga saat ini, KelasKita memiliki fitur yang lengkap untuk menunjang kebutuhan kelas belajar online (e-learning) diantaranya: fitur broadcast live video, real-time chalkboard, real-time notifications, timeline, serta fitur Quiz yang tentu mengasyikkan untuk dijadikan bahan pengetahuan sehari-hari, serta berbagai fitur lainnya.
KelasKita dapat dinikmati oleh berbagai kalangan pengguna, mulai dari siswa sekolah dasar, hingga mahasiswa. Bahkan, bagi karyawan maupun pedagang sekalipun dapat mengikuti pembelajaran yang disediakan KelasKita dan juga dapat mengikuti kelas-kelas yang dibuka bagi siapa saja. Kelas yang dibuka tentu dapat diatur baik itu kelas privat maupun kelas umum. Bagi kelas privat tentu pesertanya hanya bisa diikuti oleh pengguna yang Anda terima, sedangkan bagi kelas umum dapat diikuti oleh semua peserta bahkan asiknya bagi yang belum mendaftar sekalipun dapat mengikuti kelas secara percobaan.
Konsep penggabungan media sosial yang diusung oleh KelasKita, bisa dibilang merupakan konsep yang dianggap sangat mampu menyentuh berbagai kalangan di Indonesia. Pasalnya, masyarakat Indonesia yang kini dianggap sebagai salah satu “pasar” media sosial terbesar di dunia sangatlah akrab dengan segala aktivitas yang ada di layanan-layanan tersebut, seperti mencari teman, mengumpulkan relasi, menjaring dan membentuk komunitas, mencari berita terbaru.
Adapun kekurangan dari KelasKita Yaitu :
·         Tidak tau kapan pengajar di KelasKita akan melanjutkan pengajaran tersebut.
·         Komentar-komentar ada yang tidak di jawab karena mungkin pengajar sedang sibuk.
·         Harus adanya komitmen dari pengajar dan KelasKita sehingga kita sebagai murid tau kapan pelajaran ke tahap berikutnya
·         Tidak Fast Respond.


2.3              Situs Schoology

Schoology adalah situs yang menggabungkan antara jejaring sosial dan LMS. Disamping dengan tampilan Schoology yang menarik kita juga bisa berinteraksi sosial sekaligus belajar.
Schoology ini memiliki beberapa fitur unggulan diantaranya adalah:
·         Courses (Kursus), yaitu fasilitas untuk membuat kelas mata pelajaran, misal mata pelajaran Matematika, Fisika, dan lain sebagainya. Fasilitas Courses ini juga ada di Moodle
·         Groups (Kelompok), yaitu fasilitas untuk membuat kelompok. Fasilitas ini juga ada di Moodle maupun di facebook.
·         Resources (Sumber Belajar).
            Kelebihan lain Schoology adalah tersedianya fasilitas Attandance/absensi, yang digunakan untuk mengecek kehadiran peserta didik, dan juga fasilitas Analityc untuk melihat semua aktivitas peserta didik pada setiap course, assignment, discussion dan aktivitas lain yang kita siapkan untuk peserta didik. Melalui fitur analytic ini, kita juga bisa melihat di mana saja atau pada aktivitas apa saja seorang peserta didik biasa menghabiskan waktu mereka ketika dia login.
            Schoology kita bisa melakukan pengaturan/moderasi terhadap user yang ingin gabung pada group/kelas kita, pada status Access Group sebagai Invite Only, Allow Requests ataupun Open. Kita juga bisa memfilter postingposting peserta didik pada sebuah course sebelum postingan dipublish. Jadi peserta didik tidak bisa seenaknya update status pada course-nya.
            Selain posting (update status), Schoology juga menyediakan fasilitas Blog untuk memfasilitasi user yang ingin melakukan posting blog pada account Schoology-nya. Secara khusus Schoology juga memiliki fasilitas untuk berkirim surat/message dan hanya melalui direct post, maka pada Schoology, anda bisa berkirim surat kemanapun melalui fasilitas Messages yang tersedia.
            Schoology juga tidak hanya bisa mengupdate status Schoology untuk course atau group anda saja, melainkan anda juga bisa mengintegrasikan (sharing) postingan anda ke account Facebook atau Twitter anda.
            Schoology juga menyediakan fasilitas untuk mengelola nilai (grade) hasil quiz atau aktivitas lain, via Gradebook. Schoology juga bisa diakses melalui mobile device, dengan menginstall Schoology Apps, yang bisa anda download dan gunakan secara gratis
            Disamping beberapa kelebihan dan fitur-fitur yang sudah diuraikan sebelumnya, Schoology diantaranya mempunyai beberapa kelemahan, yaitu:
·         Diperlukannya internet ketika mengakses, tidak bisa diakses secara offline.
·         Tampilan home yang kurang interaktif sehingga pengguna pertama kali mengakses akan sedikit kesulitan untuk mengenali fitur-fitur yang ada di Schoology.
·         Pengaturan bahasa yang kurang variatif, belum mendukung Bahasa Indonesia.
·         Konten pada versi mobile kurang lengkap.
·         Kurangnya fasilitas untuk siswa, jika dibandingkan dengan fasilitas-fasilitas untuk Guru ataupun Pengajar.

2.4              Situs Google Scholarship

Goggle Scholarship menawarkan berbagai macam informasi beasiswa yang terkait dengan Google. Contohnya menyediakan info beasiswa masuk universitas yang berkerjasama dengan Google. Google Scholarship menyediakan info berupa tulisan tentang beasiswa tersebut dan memberi wadah untuk menyimpan berkas-berkas beasiswa. Kekurangannya adalah kurang interaktif karena hanya menyediakan tulisan seperti pengumuman.

2.5              Situs Microsoft Scholarship

Microsoft Scholarship menyediakan beasiswa berupa bantuan dana untuk memasuki universitas yang terkait dengan Ilmu Komputer dan Bidang sejenisnya.  Di website Microsoft Scholarship disediakan seputar apa yang harus dipersiapkan untuk mengajukan beasiswa dan pertanyaan yang sering ditanya. Kekurangannya kurang interaktif karena hanya menyediakan tulisan dan pengajuan beasiswa hanya ada pada tanggal tertentu.





BAB 2

PENUTUP

3.1              Kesimpulan

Salah satu bentuk pemanfaatan internet dalam pembelajaran adalah dalam bentuk e-learning dengan format pembelajaran secara online. Hal ini membuat proses dalam belajar  mengajar lebih mudah. Pembelajaran ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan pengguna, mulai dari siswa sekolah dasar, hingga mahasiswa. Bahkan, bagi karyawan maupun pedagang sekalipun dapat mengikuti pembelajaran yang disediakan dan juga dapat mengikuti kelas-kelas yang dibuka bagi siapa saja khususnya Website KelasKita. Pembelajaran ini juga banyak mempunyai keuntungan daripada  kelemahan. Dengan ini para orang tua bisa memantau kegiatan yang dilakukan putranya.



DAFTAR PUSTAKA



0 komentar: