Saturday, 27 September 2014

Mahasiswa

             Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi, baik di universitas, institut atau akademis. Mereka yang terdaftar sebagai murid di perguruan tinggi dapat disebut sebagai mahasiswa. Tetapi pada dasarnya makna mahasiswa tidak sesempit itu. Terdaftar sebagai mahasiswa di sebuah Perguruan Tinggi hanyalah syarat administratif menjadi mahasiswa, tetapi menjadi mahasiswa mengandung pengertian yang lebih luas dari sekedar masalah administratif itu sendiri.Menyandang gelar mahasiswa merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan. Betapa tidak, ekspektasi dan tanggung jawab yang diemban oleh mahasiswa begitu besar. Pengertian mahasiswa tidak bisa diartikan kata per kata, Mahasiswa adalah Seorang agen pembawa perubahan ( Agent Of Change ). Menjadi seorang yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh suatu masyarakat bangsa di berbagai belahan dunia.
            Mahasiswa memiliki 3 aspek, yaitu:
1. Akademik
           Kita sebagai mahasiswa harus bisa ( wajib ) memilika aspek akademik karena aspek ini adalah faktor utama kita untuk menjadi sukses. Maka dengan ini kita harus meningkatkan cara belajar, kemampuan, mengembangkan ilmu pengetahuan dan menguasai keterampilan agar memenuhi kebutuhan pasar kerja.
2. Organisasi
           Organisasi merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dengan mahasiswa yang menimba ilmu di kampus. Organisasi sebetulnya sangat penting untuk kebaikan kita sebagai mahasiswa, namun kesadaran berorganisasi itu sangat minim dewasa ini. Sudah semakin berkurang tampaknya mahasiswa yang berminat untuk bergabung dengan organisasi-organisasi yang ada di kampus. Padahal, dengan berorganisasi kita mampu menemukan jati diri kita sesungguhnya sebagai kaum intelektual. Tidak hanya sekedar duduk dan mendengarkan dosen memberi perkuliahan, tetapi kita juga bisa merasakan kepuasan menjadi seorang pemimpin pada sebuah organisasi.3. Kewirausahaan
           Kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya dengan menggunakan usaha dan waktu yang diperlukan, memikul resiko finansial, psikologi dan sosial yang menyertainya, serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi. Kita sebagai mahasiswa pasti ingin memiliki penghasilan tapi kita harus mementingkan aspek akademik dan organisasi terlebih dahulu karena kewirausahaan sangat membutuhkan akademik dan organisasi. Jika akademik dan organisasinya bagus, kewirausahaan nya pun akan semakin sukses.

0 komentar: