disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Pengampu : Budi Laksono Putro, S.Si., M.T.
Oleh
Fikry Al
Farisi Muslim
|
1401456
|
Ilmu
Komputer
|
M Eagan Ramadhan
|
1403101
|
Ilmu
Komputer
|
Muhammad
Ridwan
|
1403407
|
Ilmu
Komputer
|
DEPARTEMEN
PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER
FAKULTAS
PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
PENDIDIKAN INDONESIA
2016
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah hirabbilalamin,
Puji syukur kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat
menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya
Tidak lupa shalawat serta
salam untuk junjunan kita Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabatnya,
dan para pengikutnya hingga akhir zaman.
Makalah ini ditulis untuk
memenuhi salah satu Tugas Mata Kuliah Kewirausahaan dengan judul “//write ur
title here”
Tidak lupa penulis mengucapkan
terima kasih kepada pihak – pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah
ini, khususnya kepada:
1. Bapak
Budi Laksono Putro, S.Si, M.T Selaku Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan, yang
telah meluangkan waktu, pengarahan, dan dorongan dalam penyelesaian makalah
ini;
2. Orang
tua dan keluarga penlis yang telah memberikan dukungan , bantuan, dan
pengertian kepada penulis dalam menyelesaikan makalah ini;
3. Teman
- teman semua yang tidak bisa disebutkan satu - persatu, yang telah ikut serta
mendukung dalam penyelesaian makalah ini
4. Semua
pihak yang tidak tapat disebutkan satu – persatu, yang telah memberikan bantuan
dalam penulisan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa
makalah ini jauh dari sempurna karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT dan
kekurangan ada pada diri penulis, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik
dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak demi kesempurnaan makalah
ini.
Bandung, Februari 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
2.1
Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi yang sangat kompleks
dalam beberapa tahun terakhir telah membawa berbagai dampak pada berbagai aspek
kehidupan, termasuk di dalam bidang pendidikan. Perkembangan teknologi dalam
bidan pendidikan mulai bermunculan dari tahun ke tahun, salah satunya yaitu
teknologi LMS atau Learning Management
System.
Learning management system ini berisi materi-materi
dalam kompetensi pedagogik dan profesional, yang dibuat dengan kemasan
multimedia (teks, animasi, video, audio, FX). Diberikan sebagai supplement dan enrichment bagi pengembangan kompetensi pembelajar. Dalam learning management system ini kita
dapat mendukung dan memfasilitasi program pembelajaran di kelas menjadi lebih
menarik dan menawarkan kemudahan dalam penggunaannya.
2.2
Pembatasan Masalah
Dalam karya tulis ini penulis akan berusaha membahas beberapa
website berbasis teknologi LMS. Dikarenakan luasnya cakupan mengenai website
berbasis LMS. Maka dirasa perlu dibuatnya pembatasann masalah. Secara garis
besar pembahasan yang akan diuraikan sebagai berikut:
1. Penjelasan
singkat beberapa website berbasis LMS.
2. Fitur-fitur
yang dimiliki beberapa beberapa website berbasis LMS.
3. Beberapa
kelemahan yang dimiliki beberapa website berbasis LMS.
4. Beberapa
website yang akan dibahas meliputi website kelaskita.com, Schoology.com, Microsoft Scholarship, dan Google Scholarship.
2.3
Tujuan Penulisan
1. Mengetahui
Manfaat Teknologi LMS.
2. Mengetahui
berbagai website berbasis LMS.
3. Mengetahui
apa saja fitur-fitur website yang berbasis LMS.
4. Mengetahui
keunggulan dan kelemahan beberapa website yang berbasis LMS.
5. Memenuhi
salah satu tugas mata kuliah Kewirausahaan Pada Semester genap tahun pelajaran
2016.
2.4
Metode Penulisan
Dalam
membuat karya ilmiah ini, penulis mengunakan metode studi pustaka. Penulis
mempelajari beberapa website, buku – buku, dan referensi lain yang sesuai
dengan permasalahan yang penulis bahas dalam karya ilmiah ini.
2.5
Sistematika Penulisan
BAB I :
Mengenai
latar belakang masalah, pembatasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan,
dan sistematika penulisan.
BAB II :
Membahas
tentang penjelasan, fitur-fitur, keunggulan, dan kelemahan masing – masing website
yang sudah dijelaskan sebelumnya.
BAB III :
Berisi
simpulan dan saran
BAB 2
ISI
2.1
Learning System Management (LMS)
Learning
Management System (biasa
disingkat LMS) adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan ‘’online’’,
program pembelajaran elektronik (e-learning program), dan isi pelatihan. Sebuah LMS yang kuat harus
bisa melakukan hal berikut:
·
menggunakan
layanan ‘’self-service’’ dan ‘’self-guided’’
·
mengumpulkan
dan menyampaikan konten pembelajaran dengan cepat
·
mengkonsolidasikan
inisiatif pelatihan pada platform berbasis ‘’web scalable’’
·
mendukung
portabilitas dan standar
·
personalisasi
isi dan memungkinkan penggunaan kembali pengetahuan.
LMS merupakan sistem untuk mengelola
catatan pelatihan dan pendidikan, perangkat lunaknya untuk mendistribusikan
program melalui internet dengan fitur untuk kolaborasi secara ‘’online’’. Dalam
pelatihan korporasi, LMS biasanya digunakan untuk mengotomatisasi pencatatan
dan pendaftaran karyawan. Dimensi untuk belajar sistem manajemen meliputi
‘’Students self-service’’ (misalnya, registrasi mandiri yang dipimpin
instruktur pelatihan), pelatihan alur kerja (misalnya, pemberitahuan pengguna,
persetujuan manajer, daftar tunggu manajemen), penyediaan pembelajaran
‘’online’’ (misalnya, pelatihan berbasis komputer, membaca & memahami), penilaian
‘’online’’, manajemen pendidikan profesional berkelanjutan (CPE), pembelajaran
kolaboratif (misalnya, berbagi aplikasi, diskusi), dan pelatihan manajemen
sumber daya (misalnya, instruktur, fasilitas, peralatan). LMS juga digunakan
oleh regulasi industri (misalnya jasa keuangan dan biopharma) untuk pelatihan
kepatuhan. Mereka juga digunakan oleh institusi pendidikan untuk meningkatkan
dan mendukung program pengajaran di kelas dan menawarkan kursus untuk populasi
yang lebih besar yaitu seluruh dunia. Beberapa penyedia LMS termasuk
"sistem manajemen kinerja" meliputi penilaian karyawan, manajemen
kompetensi, analisis keterampilan, perencanaan suksesi, dan penilaian
‘’multi-rater’’ (misalnya, review 360 derajat). Teknik modern sekarang menggunakan
pembelajaran berbasis kompetensi untuk menemukan kesenjangan belajar dan
panduan materi seleksi pelatihan.
2.2
Situs KelasKita
KelasKita
adalah media sosial untuk memudahkan Anda membuat dan mengikuti kelas belajar
secara online. Seperti halnya situs media sosial pada umumnya, KelasKita
menghadirkan fitur mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya agar dapat membuat
kelas belajar untuk para peserta didik bersama teman-teman, tim, maupun
komunitas Anda. Selain itu tentunya Anda juga dapat mengikuti kelas belajar
yang tersedia di KelasKita.
Fitur
selayaknya media sosial memang menjadi faktor kunci yang kuat dari perkembangan
KelasKita sendiri. Pengguna nantinya diharapkan dapat menggunakan situs ini
dengan mudah dan dapat menikmati fitur-fiturnya yang kaya untuk memfasilitasi
setiap pengguna yang ingin berbagi pengetahuan kepada pengguna lainnya.
Hingga
saat ini, KelasKita memiliki fitur yang lengkap untuk menunjang kebutuhan kelas
belajar online (e-learning)
diantaranya: fitur broadcast live video, real-time
chalkboard, real-time notifications, timeline, serta fitur Quiz yang tentu mengasyikkan untuk
dijadikan bahan pengetahuan sehari-hari, serta berbagai fitur lainnya.
KelasKita
dapat dinikmati oleh berbagai kalangan pengguna, mulai dari siswa sekolah
dasar, hingga mahasiswa. Bahkan, bagi karyawan maupun pedagang sekalipun dapat
mengikuti pembelajaran yang disediakan KelasKita dan juga dapat mengikuti
kelas-kelas yang dibuka bagi siapa saja. Kelas yang dibuka tentu dapat diatur
baik itu kelas privat maupun kelas umum. Bagi kelas privat tentu pesertanya
hanya bisa diikuti oleh pengguna yang Anda terima, sedangkan bagi kelas umum
dapat diikuti oleh semua peserta bahkan asiknya bagi yang belum mendaftar
sekalipun dapat mengikuti kelas secara percobaan.
Konsep
penggabungan media sosial yang diusung oleh KelasKita, bisa dibilang merupakan
konsep yang dianggap sangat mampu menyentuh berbagai kalangan di Indonesia.
Pasalnya, masyarakat Indonesia yang kini dianggap sebagai salah satu “pasar”
media sosial terbesar di dunia sangatlah akrab dengan segala aktivitas yang ada
di layanan-layanan tersebut, seperti mencari teman, mengumpulkan relasi,
menjaring dan membentuk komunitas, mencari berita terbaru.
Adapun
kekurangan dari KelasKita Yaitu :
·
Tidak
tau kapan pengajar di KelasKita akan melanjutkan pengajaran tersebut.
·
Komentar-komentar
ada yang tidak di jawab karena mungkin pengajar sedang sibuk.
·
Harus
adanya komitmen dari pengajar dan KelasKita sehingga kita sebagai murid tau
kapan pelajaran ke tahap berikutnya
·
Tidak
Fast Respond.
2.3
Situs Schoology
Schoology
adalah situs yang menggabungkan antara jejaring sosial dan LMS. Disamping dengan tampilan Schoology
yang menarik kita juga bisa berinteraksi sosial sekaligus belajar.
Schoology ini
memiliki beberapa fitur unggulan diantaranya adalah:
·
Courses (Kursus), yaitu fasilitas untuk membuat
kelas mata pelajaran, misal mata pelajaran Matematika, Fisika, dan lain
sebagainya. Fasilitas Courses ini juga ada di Moodle
·
Groups (Kelompok), yaitu fasilitas untuk
membuat kelompok. Fasilitas ini juga ada di Moodle maupun di facebook.
·
Resources (Sumber Belajar).
Kelebihan
lain Schoology adalah tersedianya
fasilitas Attandance/absensi, yang digunakan untuk mengecek kehadiran peserta
didik, dan juga fasilitas Analityc untuk melihat semua aktivitas peserta didik
pada setiap course, assignment, discussion dan aktivitas lain yang kita siapkan
untuk peserta didik. Melalui fitur analytic ini, kita juga bisa melihat di mana
saja atau pada aktivitas apa saja seorang peserta didik biasa menghabiskan
waktu mereka ketika dia login.
Schoology kita bisa melakukan
pengaturan/moderasi terhadap user yang ingin gabung pada group/kelas kita, pada
status Access Group sebagai Invite Only, Allow Requests ataupun Open. Kita juga
bisa memfilter postingposting peserta didik pada sebuah course sebelum
postingan dipublish. Jadi peserta didik tidak bisa seenaknya update status pada
course-nya.
Selain
posting (update status), Schoology
juga menyediakan fasilitas Blog untuk memfasilitasi user yang ingin melakukan
posting blog pada account Schoology-nya.
Secara khusus Schoology juga memiliki
fasilitas untuk berkirim surat/message dan hanya melalui direct post, maka pada
Schoology, anda bisa berkirim surat
kemanapun melalui fasilitas Messages yang tersedia.
Schoology juga tidak hanya bisa
mengupdate status Schoology untuk
course atau group anda saja, melainkan anda juga bisa mengintegrasikan
(sharing) postingan anda ke account Facebook atau Twitter anda.
Schoology juga menyediakan fasilitas
untuk mengelola nilai (grade) hasil quiz atau aktivitas lain, via Gradebook. Schoology juga bisa diakses melalui
mobile device, dengan menginstall Schoology
Apps, yang bisa anda download dan
gunakan secara gratis
Disamping
beberapa kelebihan dan fitur-fitur yang sudah diuraikan sebelumnya, Schoology diantaranya mempunyai beberapa
kelemahan, yaitu:
·
Diperlukannya internet ketika mengakses, tidak
bisa diakses secara offline.
·
Tampilan home yang kurang interaktif sehingga
pengguna pertama kali mengakses akan sedikit kesulitan untuk mengenali
fitur-fitur yang ada di Schoology.
·
Pengaturan bahasa yang kurang variatif, belum
mendukung Bahasa Indonesia.
·
Konten pada versi mobile kurang lengkap.
·
Kurangnya fasilitas untuk siswa, jika
dibandingkan dengan fasilitas-fasilitas untuk Guru ataupun Pengajar.
2.4
Situs Google Scholarship
Goggle
Scholarship menawarkan berbagai macam informasi beasiswa
yang terkait dengan Google. Contohnya
menyediakan info beasiswa masuk universitas yang berkerjasama dengan Google. Google Scholarship menyediakan info berupa tulisan tentang beasiswa
tersebut dan memberi wadah untuk menyimpan berkas-berkas beasiswa.
Kekurangannya adalah kurang interaktif karena hanya menyediakan tulisan seperti
pengumuman.
2.5
Situs Microsoft Scholarship
Microsoft
Scholarship menyediakan beasiswa berupa bantuan dana untuk memasuki
universitas yang terkait dengan Ilmu Komputer dan Bidang sejenisnya. Di website Microsoft Scholarship disediakan seputar apa yang harus
dipersiapkan untuk mengajukan beasiswa dan pertanyaan yang sering ditanya.
Kekurangannya kurang interaktif karena hanya menyediakan tulisan dan pengajuan
beasiswa hanya ada pada tanggal tertentu.
BAB 2
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Salah
satu bentuk pemanfaatan internet dalam pembelajaran adalah dalam bentuk e-learning dengan format pembelajaran
secara online. Hal ini membuat proses dalam belajar mengajar lebih mudah. Pembelajaran ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan
pengguna, mulai dari siswa sekolah dasar, hingga mahasiswa. Bahkan, bagi
karyawan maupun pedagang sekalipun dapat mengikuti pembelajaran yang disediakan
dan juga dapat mengikuti kelas-kelas yang dibuka bagi siapa saja khususnya
Website KelasKita. Pembelajaran ini juga
banyak mempunyai keuntungan daripada
kelemahan. Dengan ini para orang tua bisa memantau kegiatan yang
dilakukan putranya.
1 komentar:
USA Forex Signal is a worldwide and without complexity-known Forex signals provider Company. It is worldwide very about 400+ countries Whatsapp/Skype and subsequent to Email via worldwide accurate Forex Signals Company.USA Forex Signal Provide best forex signals.
Post a Comment