Sunday, 17 April 2016

Penting! Saat Kena Diabetes, Jangan Jadi Dokter untuk Diri Sendiri

Foto: Thinkstock

Mengonsumsi obat sesuai petunjuk dokter, sering sekali menjadi pesan penting bagi pasien diabetes. Tidak disarankan pasien diabetes menjadi dokter untuk dirinya sendiri. Apalagi dalam beberapa kasus naiknya gula darah tidak disertai keluhan.

"Kalau sudah kena diabetes, nggak apa-apa, tetap ikuti saran dokter. Obat diabetes harus tetap diminum sesuai petunjuk dokter. Jangan jadi dokter untuk diri sendiri, nanti bisa-bisa malah tidak terkontrol," pesan dr Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD, spesialis penyakit dalam, dari Siloam Hospitals ASRI di sela-sela senam sehat yang digelar Tropicana Slim di area GOR Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu (17/4/2016).

Beberapa pasien yang mencoba untuk jadi dokter bagi dirinya sendiri itu adalah memutuskan untuk tidak minum obat saat merasa kondisi tubuhnya lebih baik. Selain itu mencoba mengurangi dosisnya sendiri.

"Padahal kalau dokter memutuskan untuk menambah atau tidak dosis obat itu kan berdasarkan pemeriksaan gula darah, bukan sekadar yang dirasakan pasien," papar dr Mulyani.

dr Mulyani menuturkan dirinya pernah mendapat pasien yang sudah kritis, di mana napasnya sudah tidak lancar. Saat dicek ternyata gula darahnya 500 mg/dl. Padahal gula darah dikatakan terlalu tinggi jika angkanya melebihi 200 mg/dL.

"Sampai 500 mg/dL itu sebenarnya bukan kondisi yang tiba-tiba. Bisa jadi sudah berlangsung lama, namun mungkin tidak disadari gejalanya," tambahnya.

Ada pula pasien yang memutuskan mengonsumsi herba, misalnya pare ataupun dedaunan yang rasanya pahit. dr Mulyani menyebutkan, obat dari herba memang ada, namun baru aman dikonsumsi jika sudah melalui penelitian. Karena ini juga terkait dengan dosis yang dibolehkan untuk dikonsumsi.

"Kalau asal-asalan, kasihan nanti ginjalnya bisa kena. Ginjal kena bukan karena diabetes tapi karena konsumsi herba yang asal-asalan," imbuh dr Mulyani.


sumber : Nurvita Indarini - detikHealth

1 komentar:

Blogger said...

QUANTUM BINARY SIGNALS

Professional trading signals sent to your mobile phone daily.

Follow our trades NOW & gain up to 270% per day.