Sunday, 17 April 2016

Fitur-fitur Terbaru Android Studio 2.0

Hai, apa kabar developer Android di seluruh Indonesia? Kabar baik datang dari developer IDE Android Studio yang telah merilis versi terbarunya. Ya, Android Studio 2.0 merupakan versi terbaru yang baru dirilis pada tanggal 7 April 2016 lalu.

Hmm, apa sih Android Studio? Bagi yang belum mengenal Android Studio, Android Studio merupakan IDE yang digunakan para developer Android di seluruh dunia untuk mengembangkan aplikasi Android dengan mengusung kualitas dan performa aplikasi. Android Studio adalah IDE Android resmi yang dibangun oleh Google.

Android Studio 2.0 membawa beberapa fitur baru yang dapat memudahkan developer Android. Apa saja sih fitur terbarunya? Ini dia.


Instant Run

instant run - salahsatu fitur terbaru android studio 2
Untuk setiap developer yang menyukai proses build yang cepat, sekarang developer Android bisa melakukan build ulang untuk setiap perubahan yang telah dibuat dengan cepat, layaknya rendering html pada web browser. Dengan akselerasi swapping VM ke swapping aplikasi, fitur Instan Run dapat mengoptimalkan waktu pengembangan aplikasi Android.


Android Emulator
android emulator
Sekarang emulator Android dapat berjalan 3x lebih cepat dibanding emulator Android sebelumnya. Peningkatan ini tidak terlepas dari peningkatan ADB yang sekarang dapat mentransfer aplikasi dan datanya 10x lebih cepat ke emulator dibanding kompilasi langsung ke device (Smartphone). Layaknya Smartphone, emulator Android juga tersedia Google Play Service sehingga developer Android dapat menguji fungsionalitas API secara langsung.

Cloud Test Lab Integration
cloud test lab integration
Tulis sekali dan jalankan dimana saja. Selain emulator Android, developer Android sekarang bisa meningkatkan pengembangan aplikasi dimana saja dengan menggunakan Cloud Test Lab yang terdiri dari berbagai device Android.

App Indexing Code Generation & Test

google app indexing test

Keberadaan aplikasi yang telah developer Android kembangkan sangatlah penting, dengan fitur terbaru ini, developer Android dapat mempromosikan aplikasinya dengan cara menambahkan URL yang dibangkitkan secara otomatis melalui fitur App Indexing. Dengan menambahkan URL yang indexable, developer bisa menguji keberadaan aplikasinya secara langsung melalui Android Studio 2.0.


GPU Debugger Preview

gpu debugger preview
Untuk para developer Android khususnya yang bergelut di bidang pengembangan Game. Android Studio 2.0 menyediakan fitur debugger GPU, sehingga developer Android dapat melihat setiap frame dan state GL. Jika ada permasalahan rendering GL, developer Android bisa menangkap dan menganalisa stream GPU yang ada pada device Android.

Intellij 15 Update

Android Studio juga dibangun pada platform Intellij, untuk fitur terbarunya bisa dilihat disini.

Fitur-fitur terbaru Android Studio 2.0 juga diulas dalam channel Youtube, simak dibawah ini:


Hmm, menarik bukan? Fitur-fitur terbaru Android Studio 2.0 sangat membantu developer Android di seluruh dunia. Fitur tersebut memang difokuskan untuk optimalisasi dan kenyamanan para developer Android. Tertarik mencobanya? Segera unduh Android Studio 2.0 di situs resmiDeveloper Android.


(yp/android-developers)


sumber : www.codepolitan.com

0 komentar: