Thursday, 14 April 2016

Cinta ditolak? Ini 5 pelajaran berharga yang bisa kamu petik


Ilustrasi jomblo. © www.hdwallpapersact.com

Merdeka.com - Cinta bertepuk sebelah tangan merupakan salah satu jenis penolakan yang paling sulit untuk dihadapi. Rasanya sakit hati, malu, dan terluka jadi satu. Kadang sampai membuat kita takut untuk merasakan cinta lagi.

Tetapi seperti yang dikatakan banyak orang, selalu ada pelajaran berharga yang bisa dipetik dari pengalaman pahit. Tak terkecuali penolakan karena cinta ditolak. Berikut ini beberapa di antaranya.


Saatnya introspeksi atas segala kekurangan dalam diri kita


Jadikan pengalaman ini sebagai alasan untuk introspeksi. Apa yang menyebabkan cintamu ditolak? Apakah kamu terlalu obsesif, berlebihan dalam menunjukkan perhatian, arogan, egois, atau terlalu kasar? Jika ya, cobalah untuk mengubah sifat negatif itu perlahan-lahan.

Cara terbaik untuk bangkit adalah membangun hubungan baru


Menurut Prof. Eisenberger dari UCLA, peneliti utama dalam domain riset psikologis tentang penolakan, cara paling sehat dan paling cepat untuk memulihkan diri dari rasa sakit penolakan adalah menemukan rasa memiliki melalui hubungan lain. Interaksi positif dengan orang lain akan menjadi mood booster paling ampuh, karena melepaskan zat kimia yang memicu reaksi menyenangkan di otak.

Tak harus menemukan cinta yang baru, membangun hubungan yang positif dengan sahabat, keluarga, atau orang-orang yang membutuhkan pun bisa membantu kita merasa lebih baik.

Tak selamanya kesalahan terletak pada diri kita


Mungkin kita tak egois, obsesif, atau arogan. Tetapi kenapa cinta kita tak juga bersambut? Jangan keburu down.

Banyak alasan yang menyebabkan dua hati tak bisa bertemu di persimpangan yang sama. Mungkin cinta datang di saat yang tak tepat. Banyak faktor yang menyebabkan cinta tak terbalas, dan semua itu berada di luar kendali kita. Satu-satunya yang bisa dilakukan adalah ikhlas dan move on.

Ingatlah semua ini akan segera berlalu


Semua rasa sakit, hina, dan malu ini pada akhirnya akan berlalu. Ingatlah kalau titik terendah dalam hidupmu ini akan berlalu. Waktu akan menyembuhkan kita perlahan-lahan. Bukan tidak mungkin, di masa depan kita akan tersenyum dan bersyukur karena pengalaman pahit ini pernah mampir dalam hidup kita.

Jangan biarkan rasa takut menghalangi


Rasa sakit karena penolakan kadang membuat kita takut untuk mencoba lagi. Lebih baik berdiam diri dalam cangkang kita yang nyaman daripada terluka lagi. Tak melakukan apapun memang tak akan membuat kita terluka. Tetapi kita juga tak akan sampai ke mana-mana. Jangan sampai perasaan seperti ini menghalangi kita meraih kebahagiaan di masa depan.

Itulah beberapa pelajaran berharga yang bisa kamu petik dari sakitnya cinta ditolak.

0 komentar: