Thursday, 14 April 2016

4 Tips Hadapi Cyberbullying


Pernah dihina atau diejek sampai diteror lewat akun social media kamu? Itu adalah beberapa bentuk cyberbullying. Yup, cyberbullying makin sering terjadi sekarang ini dan ternyata dampaknya bisa lebih parah dibanding bullying secara langsung. Soalnya, si pelaku bisa melakukannya tanpa batasan waktu. Bentuk bully-nya pun bisa dilihat banyak orang. Nah, kalau kita jadi salah satu korbannya, ini beberapa hal yang wajib dilakukan.

1. Hindari merespon
Merespon, apalagi sampai mengejek balik malah bikin suasana makin panas. Yang ada, masalah bisa semakin besar. Belum lagi kalau ada orang lain yang nggak mengerti masalahnya ikut-ikutan berkomentar.

2. Beri tahu ortu
Jangan pendam masalah kita sendirian. Kalau nggak enak menyampaikan kepada ortu, coba ceritakan kepada kakak, om atau tante. Yang penting, harus ada orang dewasa yang tahu masalah bullying yang kita hadapi. Dengan bercerita, perasaan kita juga bisa lebih lega, lho.


3. Lebih baik di-block
Terus-menerus membaca komentar negatif bikin kita sedih atau bahkan rendah diri. Supaya komentar yang masuk nggak semakin banyak, lebih baik block akun social media orang yang melakukannya. Hal ini juga perlu kita lakukan kalau melihat orang lain menjadi korban bully. Laporkan orang itu agar akunnya ditutup oleh pihak social media.

4. Siapkan bukti
Jangan pernah lupa menyimpan screenshot beragam ejekan atau komentar negatif tersebut. Soalnya, jika cyberbullyingsudah sangat keterlaluan, kita bisa melapor ke polisi dan menjadikan screenshot tersebut sebagai bukti. Editor: Fransiska Soraya - Foto: Fotosearch

1 komentar:

Blogger said...

Ever wanted to get free Twitter Followers?
Did you know that you can get them AUTOMATICALLY & TOTALLY FOR FREE by getting an account on You Like Hits?