Thursday, 30 August 2012

Foto Resolusi Tinggi Pertama dari Mars



Mobil rover Curiosity milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengirimkan foto berwarna dengan resolusi tinggi pertama dari Mars. Foto itu menggambarkan gundukan berlapis batu yang menjadi target
riset untuk mencari bahan kimia sumber kehidupan di planet merah itu.

Dilansir olehDailymail, foto menakjubkan itu mengungkap tingkatan yang berbeda pada ketinggian gunung lima kilometer yang menanjak dari lantai cakungan besar yang dikenal sebagai Kawah Gale atau Gale Crater, tempat Curiosity mendarat untuk mengawali misi selama dua tahun pada 6 Agustus 2012.


Para ilmuwan memperkirakan setidaknya akan perlu waktu selama satu tahun sebelum mobil Rover bertenaga robot ini secara fisik menyentuh lapisan di kaki gunung yang jaraknya sekitar 6,2 mil atau sekitar 9,6 kilometer dari lokasi pendaratan.


Sejumlah gambar terkini dari Curiosity, yang diambil agak jauh dari target utama eksplorasi, telah memberi para ilmuwan pandangan baru tentang formasi struktur permukaan planet itu.


Sejumlah llapisan pada bagian atas permukaan yang diharapkan para ilmuwan menjadi tempat penemuan mineral terhidrasi menunjukkan kemiringan tajam, memberi petunjuk tentang perubahan dramatis di Gale Crater yang ada di belahan bagian selatan dekat ekuator planet tersebut.


Gambar-gambar telefoto yang dikirim kembali ke Bumi juga menunjukkan tonjolan dan ngarai sempit di sisi gunung, dengan lapisan geologi tampak jelas.


Penampakan baru itu diambil dengan lensa telefoto 100-millimeter dan 34-milllimeter pada instrumen Mast Camera (Mastcam), yang telah memotret lereng lebih rendah dekat gunung yang disebut Mount Sharp.


"Ini adalah area di Mount Sharp yang menjadi tujuan Curiosity," kata peneliti utama Mastcam, Michael Malin dari Malin Space Science Systems di San Diego, AS.


Selain merekam gambar, Curiosity juga merekam dan mengirimkan suara manusia dari Bumi ke planet lain dan sebaliknya.


Dalam pernyataan yang disiarkan dari Mars dan Deep Space Network (DSN) NASA di Bumi dan sebaliknya, Administrator NASA Charles Bolden mengatakan tentang kesulitan pendaratan ke Mars dan ucapan selamat pada semua staf yang mendukung keberhasilan pendaratan di Mars awal bulan ini.


"Pengetahuan yang kita harapkan dari observasi dan analisis dari Gale Crater akan memberitahu kita banyak tentang kemungkinan kehidupan di Mars pada masa lalu dan masa depan untuk planet kita," kata Bolden dalam rekaman pesannya.


Pemutaran kiriman suara itu dirilis bersama dengan foto-foto baru dari aneka lansekap Mars di Laboratorium Propulsi Jet NASA, Pasadena, California, AS.


sumber : inilah.com

0 komentar: