Thursday, 23 August 2012

6 Taman Batu Paling Unik di Dunia


Peristiwa alam yang terjadi di bumi, terkadang menimbulkan bekas yang sangat unik. Seperti halnya taman batu yang terbentuk karena peristiwa alam hingga memiliki formasi dan bentuk yang lucu. Penasaran?

Banyak kumpulan batu yang muncul di bumi secara misterius, seperti taman batu di Pulau Paskah dan Stonehenge di Inggris. Namun, di belahan dunia lain ternyata juga punya taman batu dengan susunan yang unik dan lucu.

Jalan-jalan yuk, ke 6 taman batu paling unik di dunia

1. Yeliu Geopark, Taiwan



Kawasan seluas 1.700 meter persegi ini berada di Kota Wanli, Taiwan. Pada umumnya, laut memiliki pantai dengan hamparan pasir yang luas. Namun di Yeliu Geopark, seluruh permukaan pantainya dipenuhi oleh bebatuan dengan beragam bentuk.

Batu-batu unik di Yeliu Geopark terbentuk karena angin dan erosi laut selama ratusan bahkan ribuan tahun. Beberapa bagian batu jadi berlubang dan memiliki bentuk dengan nama-nama yang aneh.

Ya, aneh tapi lucu! Salah satu yang paling terkenal adalah batu dengan bentuk kepala ratu yang menggunakan mahkota. Batu tersebut terbentuk hingga bagian leher. Selain itu, juga ada yang berbentuk jahe, gajah, sarang madu, tofu, dan bentuk-bentuk lucu lainnya.


2. Table Mountain, Afrika Selatan





Berbeda dengan puncak gunung yang berbentuk kerucut, sesuai dengan namanya Table Mountain justru berbetuk datar seperti meja. Gunung batu yang juga menjadi ikon Afrika Selatan ini terletak di Kota Cape Town.

Wisatawan bisa menikmati panorama laut yang cantik serta mengintip aktivitas Kota Cape Town. Tak jarang struktur yang unik menarik perhatian para pecinta panjat tebing.

Keberadaan Table Mountain yang diperkirakan sudah ada sejak 6 juta tahun silam ini pun dianggap sebagai pintu gerbang Afrika Selatan. Oleh sebab itu, banyak traveler yang memasukan Table Mountain ke dalam agenda kunjungan saat berada di Afrika.

3. Wave Rock, Australia



Berlokasi di Cagar Alam Hyden Wildlife Park, Australia Barat, terdapat taman batu yang sangat lucu. Wave Rock yang berarti ombak batu ini memiliki bentuk yang mengundang decak kagum dari setiap orang yang melihat.

Wave Rock ini benar-benar seperti ombak yang siap menyerbu seluruh daratan di sekitarnya. Tinggi 'ombak batu' ini sekitar 14 meter dengan panjang 110 meter. Bila datang pada bulan September, Anda bisa sekaligus menyaksikan acara musik bertajuk Wave Rock Music Festival.


4. Pasabag, Turki



Formasi batuan vulkanis ini berbentuk menyerupai pilar-pilar bangunan dengan puncak berbentuk seperti jamur. Taman batu ini berada di Lembah Pasabag, Turki.

Setiap harinya, banyak wisatawan yang datang berkunjung dan menikmati panorama unik dari batu-batu ini. Puluhan batu di taman ini memiliki besar dan ukuran yang berbeda-beda.

Batu-batu ini ada yang satuan tapi juga ada yang berkelompok atau menumpuk. Bahkan dalam batu-batu yang berkelompok memiliki bentuk seperti cerobong asap. Uniknya lagi, di dalam taman batu ini juga ada gereja kuno.

5. Batu Angus, Indonesia



Berada di belahan timur Indonesia, terdapat taman Batu Angus. Berada tepat di Ternate, Maluku Utara, Batu Angus menjadi salah satu target destinasi wisata.

Dinamakan Batu Angus karena lava-lava beku ini memiliki warna yang hitam kelam. Selintas batu ini memang biasa saja, tapi bila melihatnya secara keseluruhan Anda bisa melihat keindahan lain dari kumpulan batu-batu ini.

Tidak hanya karena warnanya yang hitam, bentuk-bentuknya yang unik dan terkesan tidak beraturan menjadi daya tarik yang memukau. Apalagi, dengan latar belakang Gunung Gamalama, membuat pesona keindahannya semakin sempurna.

6. The Giant's Causeway, Irlandia Utara



Satu lagi taman batu yang memiliki formasi dan bentuk yang unik adalah The Giant's Causeway di Irlandia Utara. Keunikan bentuk taman batu ini pun sudah terdaftar dan dilindungi sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Batu-batu ini berbentuk seperti kolom-kolom batu yang berdiri tegak dengan ketinggian berbeda. Lebih dari 40.000 kolom batu ini terlihat berkelompok dan hanya bagian atasnya saja yang terlihat. Di lokasi ini, wisatawan bisa berjalan di atas susunan batu yang berada di atas laut.

Berjalan di atas taman-taman batu ini bisa menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan. Anda bisa menyaksikan keindahan lain dari bumi ini. 

0 komentar: